Gak Usah Mikir!

Jadi tadi siang aku nonton video SUCRD (Stand Up Comedy Raditya Dika) 2019, part Q&A. Nah, ada satu orang yang nanya kira-kira begini, "Bang, lu kan tadi bilang santai aja lah ngadepin hujatan orang, bodo amat lah sama apa kata orang. Gimana Bang caranya biar gitu? Ya gak usah mikirin gitu?"

Terus Bang Radit jawab, kira-kira begini: "Lah bukannya malah gampang ya, gak mikir? Kenapa harus ribet sih. Gue ini minimalis juga dalam berpikir. Gue akan pikirin hal-hal yang menurut gue penting. Orang tuh kan ribet karena ribetin diri sendiri. Kita hidup santai aja lah".

Iya juga sih. Bukannya lebih gampang untuk gak mikir ya? Lebih ringan, space otak jadi lebih luas. Kalo komputer mah RAM yang tersisa kan bisa lebih banyak ya? Jadi bisa bikin kinerja jadi lebih baik dan lebih cepat. Dengan gak mikirin hal-hal remeh, pikiran kita jadi lebih luas buat mikirin hal-hal yang lebih besar. Yang lebih penting dan lebih bermanfaat.

Apalagi di zaman sekarang, di mana kehidupan digital justru jadi kehidupan sebenarnya. Kita kadang emang harus bodo amet pada hal-hal tertentu. Orang gak saling kenal aja bisa tiba-tiba komen pedas. Padahal juga tahunya hanya 1 postingan aja. Tapi seolah-olah tahu segalanya soal si orang yang posting.

Tapi ya emang orang yang posting juga harus paham dan sadar dari awal. Dunia maya memang kadang lebih keras dari dunia nyata. Jadi gak usah baperan. "Tapi kan ada yang bilang kalo perkataan atau sikap orang lain itu cerminan diri kita". Kalo menurutku sih kita tetap harus punya filter. Mana yang objektif dan nggak. Iya, ok, yang dikatakan orang lain tentang kita bisa jadi benar. Tapi ya jangan langsung ditelan begitu aja. Kita gak mau kan kita memakan makanan yang udah dikunyahin orang lain?

Jadi sebenarnya maksudku itu GAK USAH MIKIR (-IN YANG GAK PENTING). Fokus aja sama apa yang penting. Dan perkataan orang lain gak semuanya penting. Soal baik-buruk, benar-salah, pegangannya apa kata Tuhan. Bukan apa kata orang. Kalo kata orang sejalan dengan apa kata Tuhan, baru deh kita dengerin 😊.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Untitled #4

Apakah Ada Kata Terlambat?

Hidup Kita adalah Tanggung Jawab Kita Sendiri